Saturday, April 25, 2009

Land Cruiser: Dari Masa ke Masa





Land Cruiser : Dari Masa ke Masa Mobil yang Lahir Lima Tahun Setelah Perang Dunia II



Berbekal pengalaman memproduksi AK10, kendaraan sejenis Jeep pada PD II, Toyota hanya butuh waktu 5 bulan mulai dari coretan pertama higga prototype. Namanya, Toyota-Jeep. Setahun kemudian, namanya diganti menjadi Toyota Model B-85. Agustus 1951, pengujian pertama digelar. Hasilnya, model ini bisa menapak hingga pos ke-6 Gunung Fuji, tertinggi di Jepang. Ini pertamakalinya kendaraan bermotor mencapai titik itu. Kepolisian dan Departemen Kehutanan Jepang begitu terkesan dan buru-buru memesannya. Tahun 1953, produksi massal dimulai. Nama Land Cruiser sendiri baru digunakan pada 1954, setelah 298 unit Model B-85 diproduksi. Saat itu Toyota mulai masuk ke produksi missal.Generasi pertama ini kental nuansa Jeep. Sumber tenaganya dari 6 silinder yang memproduksi 63 kW. Pada 1955, mesin ini diganti mesin F-Series 3.8 liter 125 hp berbahan bakar bensin. Nuansa militeristik dipertahankan dan mendominasi disain.1957, Land Cruiser merambah USA, lewat FJ25 dua pintu dengan soft top dengan mesin 6 slinder yang dilengkapi part time 4WD yang bisa diaktifkan tanpa harus berhenti lebih dulu. Fitur yang cukup menarik kala itu. Land Cruiser semakin kokoh dan terus meluncurkan varian-varian baru. Paruh pertama dekade 60-an, Land Cruiser menjadi model Toyota terlaris di USA sekaligus membantu kesuksesan peluncuran model Toyota lainnya. Tahun 1967, Toyota memasarkan seri FJ40 (short) dan FJ45 (long wheelbase) demikian pula penerusnya, FJ42 dan FJ47 tetap bercorak militeristik. Selama dekade 60-an Land Cruiser menawarkan sejumlah perubahan seperti gearbox 4-speed dirubah jadi 3-speed dengan 2-speed tranfer box. Generasi FJ40 bisa dibilang Classic Land Cruiser. Tahun 1974, transmisi dirubah jadi 4-speed dan 1983 jadi 5-speed. Mesin yang ditawarkan sangat beragam, baik kapasitas silinder maupun bahan bakarnya. Pada 1965 Toyota memperkenalkan varian wagon 5 pintu pertamanya, F55. Mobil yang tangguh di off-road dan nyaman di jalan raya ini terus meningkat dan pada 1968, Land Cruiser ke 100,000 terjual di seluruh dunia, 15 tahun setelah world debut-nya. Penjualan semakin deras. Penjualan 200,000 unit digapai pada 1972 (hanya 3 tahun) dan setahun kemudian angkanya sudah 300,000 unit. Prestasi yang luar biasa untuk kendaran 4WD dari Asia. Generasi kedua Land Cruiser station wagon diperkenalkan tahun 1980 dengan nama generic FJ60. Tahun itu pula Land Cruiser terpilih sebagai 4x4 of the Year dari Off-Road Magazine. Mobil ke 1 juta terjual pada 1981. Sejumlah perubahan dilakukan selama dekade 80-an untuk membuat Land Cruiser tetap segar dan memikat. 1985, Land Cruiser ke-4, FJ70 diperkenalkan dengan dilengkapi 5-speed transmission, power steering dan power brakes. Ada bensin maupun diesel. Pada 1990, 2 juta mobil terjual, setahun kemudian, 1991, generasi ke-4 station wagon, FJ80 diluncurkan. Model ini lebih besar, lebih mewah yang dilengkapi dengan sistem penggerak 4WD full-time dan fully independent four-wheel coil-spring suspension. FJ80 adalah salah satu tonggak penting evolusi Land Cruiser. J.D. Power & Associates memberi penghargaan "Best Full-Size SUV in Customer Satisfaction". Sejak itu penghargaan semacam ini menjadi rutinitas. Tahun ini, 1993, Land Cruiser tumbuh lebih besar, dengan mesin 24 katup, DOHC enam silinder berkapasitas 4.5liter yang mampu memproduksi 212 hp dan 275 lb-ft torsi, terbukti cukup handal menggerakan beban yang mencapai 2.3 ton. Model ini berbeda dengan nenek moyangnya. Interiornya dibuat nyaman, kursi berlapis kulit dan memuat 8 penumpang. Paket safety pun ditawarkan. Pada 1995, dilengkapi airbag dan seatblet serta ABS. Penambahan itu tidak mengurangi kapabilitasnya di medan off-road. Land Cruiser tetap dianggap sebagai kendaran 4x4 terbaik. Generasi kelima diluncurkan pada 1998. Generasi ini lebih besar, lebih berat, strukturnya lebih solid dan jauh lebih bertenaga dari pendahulunya. konsumsinya bahan bakar lebih irit, juga emisi polutannya. Generasi ini untuk pertamakalinya memaki mesin V8 dengan kapasitas 4.7 liter, 32 katup DOHC yang memproduksi 230 hp, atau 18 hp lebih banyak dari pendahulunya yang menggunakan mesin 6 silinder segaris. Torsinya juga melambung menjadi 320 lb-ft, atau 45 ft-lb dari pendahulunya. Memasuki millennium kedua, standar peforma SUV ditingkatkan dengan penambahan traksi control, vehicle skid control, electronic brake distribution sebagai perangkat standar. Tahun 2001, daftar fiturnya diperpanjang dengan navigation system dan DVD player. Setelah 5 dekade, Land Cruiser berevolusi dari kendaran militeristik menjadi SUV mewah. Namun semangat adventure-nya, kemampuannya untuk melintasi medan seberat apapun dan tentu saja kualitas khas Toyota tetap dipertahankan. Ketangguhan Land Cruiser membuat penirunya tetap berada di belakang bayang-bayangnya.

No comments: